Ganjar Siapkan Makam Pahlawan untuk Tenaga Medis yang Gugur

0
242

Sumber: solo.tribunnews.com

Semarang, Liputanislam.com– Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan makam pahlawan bagi tenaga medis yang gugur dalam perjuangan menangani wabah virus corona (covid-19). Hal ini sebagai bentuk komitmen bahwa pemerintah Jateng tidak ingin penolakan jenazah pasien positif Covid-19 kembali terulang di wilayahnya. Terlebih kalau jenazah tersebut tenaga medis.

“Saya sudah perintahkan Dinsos dan Kesra untuk mempersiapkan ini. Satu soal tempatnya, kedua soal administrasinya, agar penempatan seseorang di Taman Makam Pahlawan sesuai,” ucapnya di Rumah Dinasnya di Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu (11/4).

Ganjar mengaku sudah berkomunikasi dengan Seluruh Bupati/Wali Kota se Jawa Tengah. Mayoritas, para pemangku kepentingan di daerah setuju dengan kebijakan itu. “Kalau satu dua hari ini selesai proses itu, minggu depan sudah bisa dilaksanakan,” terangnya.

Munculnya insiden penolakan pemakaman jenazah seorang perawat Covid-19 telah membuat hati seluruh masyarakat Jateng terluka. “Masa seorang pejuang yang sudah berjuang ditolak. Ini menyakitkan betul, bikin sakit hati,” ungkapnya.

Ganjar menegaskan, seluruh dokter, perawat dan tenaga medis merupakan pejuang kemanusiaan. Mereka harus diberikan penghormatan, karena sudah berjuang luar biasa, mengorbankan dirinya untuk mengatasi wabah covid-19. Jangan sampai ada lagi penolakan jenazah tenaga medis seperti yang telah terjadi.

Baca: Gubernur Sumbar Minta pelaksanaan MTQ Nasional ke-28 Diundur

“Dan mereka tahu, bahwa itu beresiko pada keselamatannya. Kita harus memberikan penghormatan setinggi-tingginya. Saya kira, Taman Makam Pahlawan adalah tempat yang sangat tepat untuk mereka,” tandasnya. (aw/liputan6/kompas).

 

 

 

DISKUSI: