Federasi Catur Dunia Soroti Laga Catur WGM Irene Vs Dewa Kipas

0
346

Suasana laga catur persahabatan antara WGM Irene Sukandar vs Dewa Kipas Dadang Subur, Senin (22/3/2021). (Sumber: Kompas)

Jakarta, LiputanIslam.com– Federasi Catur Dunia (FIDE) menyoroti laga catur populer antara WGM Irene Kharisma Sukandar dan Dewa Kipas alias Dadang Subur di siaran live YouTube Deddy Corbuzier pada Senin (22/3/2021).

Dalam laga berformat empat babak ini, Irene menang dengan skor 3-0 lawan Dadang. Sang WGM sukses menyapu bersih ketiga babak, baik saat menggunakan bidak putih (2 kali) maupun bidak hitam (1 kali).

Dilansir dari Kompas, laga ini merupakan bagian dari drama viral Dewa Kipas, Chess.com, dan Levy Rozman selaku pemilik akun GothamChess.

Drama ini begitu digandrungi warganet Indonesia sehingga jumlah penonton siaran langsung pertandingan Irene vs Dadang mencapai 1,25 juta pada titik tertinggi.

Jumlah ini terhitung fantastis jika dibandingkan dengan jumlah penonton tertinggi pada laman Twitch, layanan video siaran langsung. Pada laman tersebut, jumlah penonton tertinggi untuk penyiar catur hanya mencapai 139.185.

Jumlah fantastis ini pun disorot oleh Federasi Catur Dunia (FIDE). Lewat unggahan di akun Twitter-nya, FIDE mengumumkan jumlah penonton dari siaran langsung duel persahabatan tersebut.

“Siaran langsung pertandingan catur persahabatan antara Dewa Kipas dan Irene Sukandar mencapai 1.250.000 penonton pada titik tertinggi,” demikian pernyataan FIDE di akun @FIDE_chess pada 22 Maret 2021.   (ra/kompas)

DISKUSI: