Ekonomi Tumbuh Minus, Jokowi: Menteri Kok Kerja Biasa Saja

0
23

Sumber: tribunnews.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa jengkel pada para menterinya karena masih bekerja secara biasa saja di tengah kondisi ekonomi yang tertekan oleh pandemi virus corona.

Sejumlah lembaga internasional telah memproyeksikan ekonomi dunia akan tumbuh minus pada tahun ini. Menurut Bank Dunia (World Bank), ekonomi global pada 2020 akan tumbuh minus 5,2 persen. Sementara Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) memperkirakan ekonomi dunia akan terkontraksi 6 persen hingga 7,6 persen.

Baca: Kemarahan Jokowi dan Kesadaran atas Tanggung Jawab

Jokowi mengungkapkan, para menteri seharusnya tidak menganggap kondisi saat ini sebagai kondisi normal sehingga bekerja secara biasa-biasa saja.

“Kalau saya lihat bapak, ibu, dan saudara-saudara masih melihat ini normal. Kerja masih biasa-biasa saja. Perasaa ini harus sama, harus mengerti ini. Jangan biasa-biasa saja. Jangan liner, jangan menganggap ini normal,” ungkap Jokowi, Senin (29/6).

Dia mengingatkan jajarannya agar tidak menggunakan hal-hal standar dalam situasi seperti sekarang. Dia meminta ada kebijakan yang luar biasa untuk menangangi pandemi Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian.

“Langkah extraordinary ini betul-betul harus kita lakukan. Dan saya membuka yang namanya entah langkah politik, entah langkah pemerintahan. Langkah apa pun yang extraordinary akan saya lakukan untuk 267 juta rakyat kita,” tegasnya.

Bahkan, dia mengancam akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet bagi menterinya yang masih bekerja biasa-biasa saja.

“Bisa saja, membubarkan lembaga. Bisa saja reshuffle. sudah kepikiran ke mana-mana saya,” ujarnya. (sh/kompas/cnnindonesia)

 

DISKUSI:
SHARE THIS: