Dubes Iran: Jika Terjadi Perang, Bukan Iran yang Mulai

0
162

Sumber: jawapos.com

Jakarta, Liputanislam.com– Duta Besar (Dubes) Republik Islam Iran untuk Indonesia, Mohammad Azad menanggapi kekhawatiran masyarakat internasional soal akan terjadinya perang dunia ketiga antara Iran dan Amerika Serikat (AS). Hubungan kedua negera tersebut saat ini memang sedang berada di titik mendidih pasca terbunuhnya komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), Jenderal Qassem Soleimani oleh militer Amerika.

Dubes Azad menyatakan, jika memang terjadi perang, maka hal itu bukanlah Iran yang memulai. Bukan Iran yang memulai situasi seperti sekarang ini. “Iran tidak bersalah atas semua situasi ini,” tegasnya usai bertemu Menlu RI Retno Marsudi di Jakarta pada Senin (6/1).

Ia juga mengatakan bahwa Iran tentu akan melakukan balasan dalam cara yang sama yaitu secara militer kepada AS. Namun, kapan dan di mana rencana tersebut akan dilakukan, semuanya tergantung keputusan pemimpin tertinggi Iran sepenuhnya.

Sebelumnya, Menlu Retno telah memanggil secara terpisah Dubes AS dan Dubes Iran terkait meningkatnya ketegangan antara AS-Iran. “Indonesia menyampaikan keprihatinan tentang perkembangan terbaru dalam hubungan AS-Iran,” ucap Menlu Retno.

Baca: Tembak Jenderal Qassem Soleimani, PBNU Kecam Amerika

Ia juga menyampaikan sikap Indonesia dan meminta kedua belah pihak menahan diri. Sebab konflik atau perang tidak akan menguntungkan pihak manapun. “Lebih jauh lagi, hal itu dapat menyebabkan dampak potensial pada ekonomi global,” ujarnya. (aw/Jawapos/liputan6).

DISKUSI: