Demokrat Pecat Belasan Ketua DPC, Ini Daftarnya

0
644

sumber: Merdeka

Jakarta, LiputanIslam.com—Pasca gelaran kongres luar biasa (KLB)  Demokrat di Deli Serdang, Sumut, pada pada Jumat (5/3/2021), belasan ketua dewan pimpinan cabang (DPC) yang menghadiri acara itu dipecat oleh Partai Demokrat.

KLB yang digelar kubu Jhoni Allen cs ini diklaim dihadiri 1.200 peserta. Hasilnya, Kepala KSP Moeldoko terpilih menjadi ketua umum.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat SBY yang sejatinya memegang kuasa atas KLB merespons cepat gerakan kubu Deli Serdang. SBY menyatakan KLB di Deli Serdang tidak sah.

“Menurut AD dan ART Partai Demokrat pasal 81 ayat 4 disebutkan bahwa KLB dapat diadakan atas permintaan majelis tinggi partai, atau sekurangnya dua pertiga dari jumlah DPD dan setengah dari DPC, serta disetujui oleh ketua majelis tinggi partai,” jelas SBY, Jumat malam, dilansir dari Detikcom.

SBY menerangkan syarat pertama digelarnya KLB harus persetujuan majelis tinggi partai. Pada poin pertama, SBY menyebut syarat itu sudah gugur tak terpenuhi peserta KLB. Kemudian KLB juga harus diusulkan oleh minimal dua pertiga dari 24 DPD. Dari syarat tersebut, SBY juga menyebut gugur lantaran tidak ada DPD yang mengusulkan KLB di Sumut

Tak lama dari pidato SBY, pengurus DPD Demokrat memecat sejumlah ketua DPC. Berikut ini daftarnya seperti dikutip dari Detikcom:

Demokrat DIY
1. Ketua DPC Sleman
2. Ketua DPC Bantul

Demokrat Jatim
1. Ketua DPC Sumenep berserta Wakil Ketua I DPC Sumenep Joni Junaedi
2. Ketua DPC Ngawi

Demokrat Sulsel
1. Ketua DPC Kabupaten Pangkep
2. Ketua DPC Takalar
3. Ketua DPC Barru
4. Ketua DPC Sidrap

Demokrat Sumut
1. Ketua DPCPadangsidimpuan Khoiruddin Nasution
2. Ketua DPC Humbang Hasundutan (Humbahas) Bangun Silaban

Lalu, ada pula pengurus Demokrat daerah yang telah melakukan deteksi dini dengan melakukan pemecatan sebelum KLB digelar, termasuk terhadap ketua DPC Blora. Berikut daftarnya:

Demokrat Sulut
1. DPC Tomohon
2. DPC Sangihe
3. DPC Bolaang Mongondow Timur
4. DPC Bolaang Mongondow Utara
5. Bolaang Mongondow Selatan
6. DPC Sitaro

(ra/detik)

DISKUSI: