Dampak Virus Corona, Rupiah Melemah ke Posisi Rp 14.175 per Dolar AS

0
126

Sumber: minews.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Kamis (5/3) melemah ke posisi Rp 14.175 per dolar AS. Rupiah melemah 62 poin atau 0,44 persen dibandingkan perdagangan hari sebelumnya.

Sementara kurs tengah Bank Indonesia menempatkan rupiah di posisi Rp 14.168 per dolar AS atau menguat dibandingkan posisi sebelumnya Rp 14.171 per dolar AS.

Baca: Rupiah Menguat ke Posisi Rp 14.113 per Dolar AS

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, pelemahan rupiah dipicu oleh kekhawatiran pasar terhadap dampak negatif virus corona pada ekonomi global.

“Isu perlambatan pertumbuhan ekonomi global akibat virus corona yang sudah menyebar di berbagai negara berdampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sehingga pemerintah memproyeksi pertumbuhan ekonomi tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh pemerintah, yang tadinya 5-5,4 persen menjadi 4,7-5 persen,” kata dia di Jakarta, Kamis (5/3).

Dia menuturkan, pasar masih khawatir atas meluasnya wabah virus corona ke sejumlah negara di luar China. Jumlah kasus virus corona di seluruh dunia mencapai 95.125 kasus dan korban yang meninggal bertambah menjadi 3.254 orang.

“Penyebaran virus corona di China memang sudah mereda. Namun kini yang dicemaskan adalah penyebaran di negara-negara lain yang kian masif,” tuturnya.

Dia memperkirakan, rupiah berpotensi bergerak di kisaran Rp 14.120 per dolar AS hingga Rp 14.200 per dolar AS pada perdagangan esok hari. (sh/tempo/cnnindonesia)

 

DISKUSI: