Cegah Corona, Presiden Jokowi Tinjau Sterilisasi Masjid Istiqlal

0
61

Sumber: Setkab.go.id

Jakarta, Liputanislam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meninjau sterilisasi dan penyemprotan area Masjid Istiqlal Jakarta sebagai upaya pencegahan virus corona (Covid-19) pada Jumat (13/3) pagi. Presiden didampingi Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi, Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar, dan beberapa menteri yang lain.

Menag Fachrul mengatakan bahwa sterilisasi dan pembersihan masjid dan rumah ibadah sebagai upaya memerangi virus corona. “Upaya kita membuat masjid ini lebih baik atau lebih steril dan mudah-mudahan bibit-bibit penyakit hilang. Dan nanti ke depan atau sekarang sedang akan melakukan imbauan ke semua masjid untuk melakukan hal yang sama,” ucapnya.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan di semua masjid diantaranya, ialah pertama menggulung semua karpet-karpetnya karena ternyata itu salah satu sumber penyakit. Langkah kedua yakni penyemprotan antiseptik.

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah masalah pengambilan air wudhu betul-betul diyakinkan air itu mengalir dengan baik. ”Kemudian di tiap-tiap tempat duduk kami siapkan sabun dan antiseptik mudah-mudahan dengan itu akan lebih baik, penularan penyakit peluangnya akan menjadi lebih kecil,” ujarnya.

Baca: PBNU Bentuk Satgas Cegah Penyebaran Virus Corona

Sementara terkait kegiatan bulan Ramadhan mendatang seperti tarawih maupun buka puasa bersama tetap diadakan sebagai mana biasa. “Mudah -mudahan tidak ada perubahan salat tarawih maupun salat-salat jamaah lainnya dan juga buka puasa bersama tetap kita selenggarakan sebagaimana mestinya,” pungkas Menag. (aw/setkab/kompas).

DISKUSI:
SHARE THIS: