BPJS Bayar Lunas Hutang Klaim RS

0
132

LiputanIslam.com — BPJS Kesehatan menyatakan telah membayar lunas biaya yang diklaim rumah sakit per 1 Juli kemarin sebesar Rp3,70 triliun.

“Posisi hutang klaim BPJS Kesehatan per 1 Juli 2020 adalah Rp3,70 triliun,” kata Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (1/7).

Dia mengatakan klaim yang dibayarkan itu sudah seluruhnya seiring awal Juli BPJS Kesehatan menerima iuran peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN dari pemerintah sebesar Rp4,05 triliun, sehingga tidak ada tunggakan lagi.

Penerimaan iuran PBI APBN menunjukkan dukungan dan komitmen pemerintah untuk membantu likuiditas Dana Jaminan Sosial (DJS) Kesehatan sekaligus menjaga likuiditas rumah sakit di tengah pandemi COVID-19.

“Begitu iuran PBI APBN ini kami terima, langsung kami distribusikan untuk melunasi tagihan klaim seluruh rumah sakit. Jadi tidak ada lagi utang jatuh tempo bagi rumah sakit yang sudah mengajukan klaim dan lolos verifikasi,” kata dia.

Baca juga: Iuran BPJS Naik di Tengah Pandemi, MPR Sayangkan Putusan Pemerintah

Dia mengatakan selanjutnya BPJS Kesehatan akan memanfaatkan dana iuran PBI APBN tersebut ditambah dengan penerimaan iuran lainnya untuk menjaga agar pembayaran klaim dapat dilakukan tepat waktu sesuai dana yang tersedia.

Pemerintah berkomitmen memastikan kesinambungan Program JKN-KIS dan memperbaiki layanannya. (Ay/Antara/CNBC Indonesia)

DISKUSI: