Sumber: Tribunnews

Jakarta, LiputanIslam.com — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan Siklon Claudia saat ini semakin menjauhi daratan wilayah Indonesia dan semakin bergerak ke barat daya Australia.

“Dia (saat ini) bergerak di barat daya Australia,” kata Kepala Bidang Informasi Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo di Kantor BMKG Jakarta, Selasa (14/1).

Ia pun menegaskan bahwa semakin jauhnya siklus tersebut membuat Indonesia akan relatif lebih aman dari dampak-dampak yang bisa ditimbulkannya.

Ia mengatakan bahwa dua hari sebelumnya, tiupan angin kencang akibat pergerakan siklon tersebut di atas wilayah Indonesia telah merusak beberapa bangunan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Selain itu, wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur juga terkena dampak tiupan angin kencang dan hujan deras akibat pergerakan siklon tersebut, kata laporan yang diterima BMKG.

Kemudian, Siklon Claudia juga menyebabkan banjir di Provinsi Sulawesi Selatan dan Sumatera Barat akibat hujan deras yang memiliki curah intensitas tinggi.

Baca juga: Gagal Tangani Banjir Jakarta, Massa Lempari Tomat Simbol Gubernur Anies

Sebelumnya, BMKG memprediksi Siklon Tropis Claudia dalam 72 jam atau hingga Kamis (16/1) akan bergerak menjauhi wilayah Indonesia dengan kecepatan angin yang berangsur melemah.

Pada Senin (13/1) malam lalu, BMKG menyebutkan siklon tersebut berada sekitar 960 kilometer selatan Denpasar, Bali pada pukul 19.00 WIB. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*