Biden Perkirakan Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi, Ini Jawaban Wagub DKI 

0
682

Ilustrasi. Sumber: https://airkami.id/

Jakarta, LiputanIslam.com– Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjawab isu potensi Jakarta tenggelam yang dikemukakan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden beberapa hari yang lalu. 

Riza mengakui bahwa permukaan tanah Jakarta memang mengalami penurunan. Namun, ia menyanggah jika ibukota akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan. 

Biden sebelumnya menyatakan pemerintah Indonesia tengah merencanakan pemindahan ibu kota karena ada prediksi Jakarta tenggelam 10 tahun lagi.

“Jadi Jakarta itu memang setiap tahun ada penurunan tanah, tapi tidak berarti 10 tahun Jakarta terendam,” ucap Riza pada Sabtu (31/7).

Menurutnya, pemerintah provinsi hingga pusat terus mengantisipasi penurunan permukaan tanah. Pemprov DKI sendiri berkoordinasi dengan PAM Jaya. Sementara pemerintah pusat bakal meningkatkan antisipasi melalui penyaluran air bersih lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

“Mudah-mudahan ini bisa mengurangi penurunan air tanah, agar tidak seperti yang disampaikan bahwa Jakarta 10 tahun lagi akan tenggelam,” kata dia.

Selain Biden, pada tahun 2019 NASA juga pernah menyatakan bahwa Jakarta dan pulau reklamasi bakal menjadi salah satu kota pesisir yang terancam tenggelam. Ancaman tenggelam ini terjadi akibat kenaikan permukaan air laut imbas pemanasan global dan pencairan lapisan es. (ra/cnn)

 

DISKUSI: