BI Perkirakan Inflasi Juni Minus 0,01 Persen

0
27

Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Bank Indonesia memperkirakan inflasi pada Juni 2020 sebesar -0,01 persen month to month (mtm). Dengan demikian, inflasi Juni secara tahun kalender diperkirakan sebesar 0,9 persen (ytd) dan secara tahunan sebesar 1,76 persen (yoy).

“Inflasi Juni diperkirakan minus 0,1 persen lebih rendah dari bulan sebelumnya,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko, Jumat (26/6).

Onny menyebutkan, penyumbang utama deflasi antara lain berasal dari bawang putih sebesar -0,04 persen, cabai merah, jeruk, dan tarif angkutan  udara masing-masing sebesar -0,03 persen, cabai rawit, gula pasir dan emas perhiasan masing-masing -0,02 persen, dan minyak goreng sebesar -0,01 persen.

Baca: BI Catat Inflasi Awal Juni Capai 0,04 Persen

Sedangkan, komoditas penyumbang inflasi antara lain yaitu daging ayam ras sebesar 0,13 persen, telur ayam ras sebesar 0,05 persen, dan tomat sebesar 0,01 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan data inflasi Juni pada Rabu (1/7). Sebelumnya, BPS melaporkan inflasi Mei 2020 hanya sebesar 0,07 persen secara bulanan atau 2,9 persen secara tahunan meski ada momentum lebaran.

Inflasi tersebut berada jauh di bawah inflasi pada periode lebaran tahun lalu sebesar 0,55 persen. Hal ini disebabkan oleh pandemi virus corona yang berdampak pada penurunan pendapatan masyarakat.

BI mengatakan, pihaknya akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk mengawasi secara cermat dinamika penyebaran virus corona dan dampaknya terhadap perkonomian Indonesia dari waktu ke waktu. (sh/merdeka/katadata)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS: