Bantu Penderita Kanker, Khofifah Tawarkan Layanan Paliatif Pesantren

0
113

Sumber: infonews.id

Surabaya, Liputanislam.com– Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa berusaha memberikan perhatian lebih kepada para penderita kanker dengan menawarkan layanan paliatif (ikhtiar mengurangi penderitaan) berbasis pesantren. Hal ini menurutnya penting sebagai upaya penguatan mental dan spiritual bagi penderita kanker.

“Menurut saya potensi Jawa Timur cukup besar untuk menyiapkan perawatan paliatif berbasis pesantren. Ketika KKN, mahasiswanya bisa diarahkan untuk  memberikan pelayanan di perawatan paliatif berbasis pesantren,” ucapnya di acara Peringatan Hari Kanker se-Dunia di Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu (26/2).

Menurut Khofifah, layanan paliatif penting diberikan, khusus bagi penderita stadium lanjut. Nantinya layanan paliatif kanker dapat dilakukan melalui kerja sama dan koordinasi berbagai pihak. Mulai Pemprov Jatim, Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Fakultas Kedokteran, dan pesantren-pesantren.

“Jika layanan tersebut dijalankan, maka penderita kanker tidak hanya mendapatkan layanan medis saja. Tetapi juga sekaligus mendapatkan siraman spiritual dari pengasuh pesantren,” katanya.

Baca: Mahfud MD: Indonesia Bukan Negara Agama

Pendekatan paliatif merupakan kebutuhan penting bagi penderita kanker. Hal ini dikarenakan sering kali ketika seseorang mendapatkan vonis dari dokter, maka mereka kehilangan semangat hidup dan cenderung berputus asa. “Pesantren memiliki kemampuan support yang luar biasa, khususnya membangun ketenangan hati melalui dzikir dan sebagainya,” tambah Khofifah. (aw/republika/detik).

DISKUSI: