Banjir Jakarta 2020 Produksi Sampah Hampir 50 ribu ton

0
97

Sumber: Merdeka

Jakarta, LiputanIslam.com — Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan, Jumat (10/1), mengatakan banjir di Jakarta pada 2020, menghasilkan sedikitnya hampir 50 ribu ton sampah di seluruh wilayah Ibu Kota. Sampah-sampah tersebut diangkut dari sekitar 380 RW yang terdampak banjir di Jakarta dan dari aliran sungai yang meluap.

“Ada 49.878,96 ton sampah banjir. Itu jumlah total semua yang diambil dari 380 RW terdampak dan aliran sungai se-Jakarta,” kata Yogi.

sampah tersebut adalah yang dibersihkan sejak air mulai surut dari tanggal 2 Januari 2020 hingga tanggal 9 Januari 2020 dengan masih ada sampah yang tersisa di beberapa wilayah.

“Dari tanggal 2-9 Januari 2020, ini masih sisa sedikit yang ada di daerah Jakbar yang baru surut,” ujar Yogi.

“Sampah banjir itu adalah bagian dari sampah seluruhnya yang berjumlah 85.874,94 ton yang diangkut pada tanggal 2 Januari hingga 9 Januari, untuk kemudian dikirimkan ke TPST Bantargebang,” ucapnya.

Baca juga: Konflik Iran-AS Memanas, Rupiah Berpotensi Melemah

Sementara, Kepala Staf Presiden Jendral TNI (Purn) Moeldoko meminta kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mempercepat penanganan sisa banjir di Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat.

Moeldoko beranggapan sampah sisa banjir yang dibiarkan berlama-lama akan menjadi lebih bau, serta memicu timbulnya penyakit pada masyarakat di sekitarnya.

“Saya lihat di sepanjang jalan ada tumpukan sampah yang perlu segera ditertibkan, yang sungguh tidak nyaman bagi masyarakat,” ujar Moeldoko saat meninjau sisa banjir RW 11, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat. (Ay/Antara)

DISKUSI: