Anggota DPRD DKI: Kebijakan PSBB di Jakarta Sesuai Perintah Jokowi

0
74

Sumber: beritasatu.com

LiputanIslam.com— Anggota DPRD DKI Fraksi Gerindra S Andyka menilai kebijakan diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sudah sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Betul (sudah ada persetujuan dari pusat dan Kemenkes), pasti dan juga komuniasi,” kata Andyka.

Andyka menyampaikan, penerapan kembali PSBB di Jakarta sudah sesuai dengan instruksi Jokowi karena mendahulukan aspek kesehatan dan kemanusiaan.

“Tapi malah keluar statement dengan kebijakan PSBB yang ketat di Jakarta ini mempengaruhi IHSG, ekonomi. Lah, dari segi ekonomi presiden sudah jelas-jelas mengatakan dahulukan kesehatan, kemanusiaan,” ujarnya.

Baca: Jakarta Terapkan PSBB Lagi, Para Menteri Jokowi Protes

Meski begitu, dia tidak menyangkal kebijakan PSBB akan berdampak pada laju perekonomian Indonesia. Namun, saat ini harus ada kebijakan yang diproritaskan. Adapun mendahulukan kemanusiaan dan kesehatan, menurutnya, adalah keputusan yang bijak.

“Pasti, ini dua hal yang sangat sulit kita lakukan yang mana mau masalah humanity atau ekonomi? Mana yang mau didahulukan? Presiden menurut saya sudah sangat baik, sangat bijak, sangat jelas sarannya bahwa dahulukan kemanusiaan, humanity, kemudian ekonomi mengikuti,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, keputusan untuk menerapkan kembali PSBB dilakukan karena situasi Covid-19 di Jakarta sudah masuk kondisi darurat. Hal ini ditunjukkan dengan angka kematian, dan kemampuan rumah sakit menampung pasien Covid-19.

“Meskipun kita mendorong peningkatan kapasitas rumah sakit kita, tapi jumlah kasus aktif di Jakarta pertambahannya lebih cepat daripada pertambahan kapasitas tampung untuk pelayanan rumah, baik tempat tidur atau ICU,” ungkapnya.

Dia menuturkan, apabila kondisi ini dibiarkan, rumah sakit tidak akan sanggup lagi menampung pasien Covid-19. Untuk itu, mau tidak mau, kata dia, Jakarta harus kembali memberlakukan PSBB.

“Sekali lagi ini soal menyelamatkan warga,” ucapnya. (sh/mediaindonesia/bbc)

 

 

DISKUSI: