Atasi Pengangguran, Kemenperin Adakan Pelatihan Virtual

0
102

Sumber: cnnindonesia.com

LiputanIslam.com— Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengadakan pelatihan 3 in 1 (pelatihan, sertifikasi kompetensi dan penempatan kerja) secara virtual.

Pelatihan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi SDM yang berkualitas dan menekan angka penganguran di tengah sulitnya ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan, peningkatan SDM menjadi kunci untuk pembangunan nasional saat ini. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk terus mendorong pembangunan SDM yang berkualitas.

Baca: Pengangguran Meningkat, BPS: Paling Banyak Lulusan SMK

“SDM yang kompeten dan profesional akan menjadi kunci keberhasilan dari sebuah organisasi. Sesuai arahan Presiden bahwa pembangunan nasional saat ini difokuskan pada pembangunan SDM yang berkualitas sehingga perlu dilakukan berbagai program pendidikan dan pelatihan vokasi secra lebih masif,” kata Agus, Jumat (11/9).

Menurutnya, di era revolusi industri seperti sekarang, terbuka kesempatan yang besar bagi SDM untuk mengisi di berbagais ektor. Untuk itu, pembekalan keterampilan dasar, peningkatan keterampilan, dan pembaruan keterampilan sangat mutlak dibutuhkan.

“Kurikulum Pelatihan 3 in 1 dibuat spesifik pada keterampilan tertentu dan harus selaras dengan kebutuhan industri,” ucapnya.

Kepala BPSDMII Kemenperin Eko S.A Cahyanto menuturkan, tujuan dari pelatihan virtual ini adalah memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan calon tenaga kerja yang kompeten.

“Untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan serta sikap kerja calon tenaga kerja yang akan bekerja ataupun berwirausaha dan menyiapkan tenaga kerja tersertifikasi yang kompeten dan memiliki daya saing,” tuturnya. (sh/kompas/cnnindonesia)

 

 

DISKUSI: