Faisal Basri: BLT 600 Ribu Nggak Ngefek ke Ekonomi Nasional

0
141

Sumber: jawapos.com

LiputanIslam.com— Pemerintah memberikan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 600 ribu untuk karyawan swasta yang bergaji di bawah Rp 5 juta per bulan. Bantuan ini diberikan sebagai bentuk penanganan dampak pandemi Covid-19.

Dengan adanya bantuan dari pemerintah sebesar Rp 600 ribu, para pekerja diharapkan bisa memenuhi kebutuhan mereka di tengah sulitnya ekonomi seperti sekarang.

Akan tetapi, Ekonom senior Faisal Basri menilai, program BLT tersebut masih belum mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam waktu dekat. Karyawan swasta yang mendapat bantuan tersebut akan cenderung menyimpannya dibandingkan membelanjakannya.

Baca: Karyawan Swasta Siap Terima BLT Rp 600 Ribu

Menurutnya, pemerintah telah berusaha keras untuk mengatasi situasi ekonomi akibat pandemi ini, namun apa yang mereka lakukan belum sampai pada akar masalahnya, yakni penyebaran virus.

“Kalau saya lihat, kalau istilahnya kita ini punya akar masalah tapi yang kita selesaikan bukan akar masalah, ini ibaratnya Kemenkeu, BI, OJK, LPS, Kemenlu itu sudah bekerja maksimal, namun mereka sebagai pemadam kebakaran, akar masalahnya tidak diselesaikan,” ujar dia, Sabtu (5/9).

Dia mengunkapkan, untuk mendorong ekonomi nasional, pemerintah harus menyelesaikan permasalahan di sektor kesehatan. Sebab, jika pemerintah tidak menangani masalah kesehatan terlebih dahulu, penanganan ekonomi tidak akan berjalan efektif.

“Sepanjang pandemi ini tidak bisa dijinakkan maka kalau masyarakat dikasih uang seperti sekarang, misalnya pekerja yang dapat Rp 600 ribu cenderung di tabung, karena ini tambahan, kalau Covidnya masih liar maka mereka akan nahan,” kata dia. (sh/pikiran-rakyat/detik)

 

 

DISKUSI: