Pagi Hari ini, Rupiah Menguat ke Posisi Rp 14.585 per dolar AS

0
197

Sumber: market.bisnis.com

LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Rabu (26/8) pagi menguat 64 poin atau 0,44 persen ke posisi Rp 14.585 per dolar AS.

Pada pagi hari ini, pergerakan mata uang Asia terhadap dolar AS bervariatif. Baht Thailand menguat 0,23 persen, yuan China menguat 0,16 persen, ringgit Malaysia 0,02 persen, dan dolar Singapura 0,01 persen. Sedangkan, yen Jepang melemah 0,09 persen, won Korea Selatan 0,06 persen, dan peso Filipina 0,04 persen.

Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, meski mengalami penguatan, rupiah berpotensi bergerak melemah. Pasar merespon negatif terhadap kelanjutan kesepakatan dagang antar AS dan China.

Baca: Rupiah Menguat ke Posisi Rp 14.649 per Dolar AS

“Reaksi pasar terlihat negatif di awal pembukaan pasar Asia pagi ini. Rupiah berpotensi melemah mengikuti sentiment tersebut,” kata Ariston, Rabu (26/8).

Menurutnya, pasar masih ragu dengan kelanjutan kesepakatan dagang AS dan China fase I karena hubungan politik yang masih memanas di antara keduanya.

Akan tetapi, pelemahan rupiah dinilai tidak akan dalam karena ada sentimen lain yang bisa melemahkan dolar AS, yakni survei tingkat keyakinan konsumen AS pada periode Agustus yang masih rendah.

Dia memprediksi, nilai tukar rupiah pada hari ini akan bergerak di ksiaran Rp 14.575 per dolar AS hingga Rp 14.750 per dolar AS.  (sh/kompas/cnnindonesia)

 

 

 

 

 

 

DISKUSI: