[Video:] Pertama Kali, Iran Sukses Gunakan Senjata Laser

0
72

Teheran, LiputanIslam.com   Di tengah suasana duka nasional Iran atas tragedi teror ISIS yang menggugurkan 15 peziarah dan melukai sekira 40 lainnya di sebuah makam suci di kota Shiraz,  TV pemerintah memberitakan bahwa tentara negara ini sukses menggunakan senjata laser.

Disebutkan bahwa babak akhir latihan perang elektronik bersandi “Perisai Wilayat 1401” yang melibatkan satuan-satuan stragegis peperangan elektronik Angkatan Bersenjata telah digelar di kawasan umum Isfahan, Sabtu (29/10).

Dalam latihan ini, satuan pasukan reaksi cepat dan sistem-sistem peperangan elektronik Angkatan Bersenjata Iran menjalankan operasi ofensif dan defensif di bidang peperangan elektronik serta  menggunakan  berbagai capaian dan kemampuan terbaru di bidang  militer.

Dalam latihan tingkat ahli ini telah digelar operasi pelacakan, pengecohan elektronik dan pemanduan aksi-aksi peperangan elektronik, pengawasan kawasan,  dan antisipasi serangan siber dan penjagaan sistem-sistem radar .

Selain itu, untuk pertama kalinya, Angkatan Bersenjata Iran sukses menggunakan senjata laser anti-UAV/drone.

 

Video pemberitaan singkat dari TV pemerintah beredar luas di berbagai situs media Iran, namun sayang sejauh ini belum ada pemberitaan maupun video lebih lanjut mengenai prestasi terbaru  Iran di bidang pertahanan ini, karena mungkin Iran mempertimbangkan saat yang tepat untuk mengungkapkannya kepada publik secara lebih terbuka dan detail.

Yang jelas, sejak beberapa tahun lalu Iran sudah diberitakan mengembangkan senjata laser, seakan berlomba atau mengejar beberapa negara lain di bidang ini semisal AS, Jerman, Israel, Rusia dan China. (mm/sahara)

DISKUSI: