Video: Lancarkan Operasi Militer Baru, Turki Kerahkan Pasukan Khusus di Irak Utara

0
133

Ankara, LiputanIslam.com –  Pemerintah Turki mengumumkan operasi militer baru bersandi  “Cakar Harimau” di Irak utara sehari setelah melancarkan operasi bersandi “Cakar Elang” anti Partai Pekerja Kurdi (PKK), kelompok pemberontak Kurdi Turki.

Al-Jazeera melaporkan bahwa Turki, Rabu (17/6/2020), mengerahkan pasukan khusus di Irak utara dalam operasi yang didukung oleh serangan udara dan artileri tersebut.

Kementerian Pertahanan Turki melaporkan bahwa jet-jet tempur menyerang lebih dari 150 sasaran Kurdi di wilayah Haftanin, Irak utara, 15 km dari perbatasan Turki..

“Komando kepahlawanan kami ada di Haftanin. Komando kami – yang didukung oleh helikopter tempur dan drone – telah diangkut oleh angkatan udara kami,” ungkap kementerian itu.

Turki  melancarkan operasi itu dengan dalih bahwa telah terjadi “peningkatan serangan belakangan ini di kantor polisi dan pangkalan militer” di dekat perbatasan Irak.

Sejauh ini belum ada tanggapan langsung dari PKK maupun dari pemerintah Baghdad dan pemerintahan semi-otonomi Kurdi Irak utara. Namun, Baghdad sebelumnya telah mengecam operasi militer Turki dan menyebutnya pelanggaran terhadap kedaulatan Irak. (mm/aljazeera/rtarabic)

DISKUSI:
SHARE THIS: