[Video:] Buntut Anjloknya Mata Uang Turki, Demo di Istanbul Tuntut Erdogan Mundur

0
393

Istanbul, LiputanIslam.com –  Beberapa video yang tersebar di media sosial memperlihatkan terjadinya unjuk rasa di kota Istanbul, Turki, di mana massa menuntut pemerintah mundur menyusul jatuhnya nilai mata uang Lira Turki ke titik terendah dalam sejarahnya.

Massa meneriakkan slogan-slogan kecaman terhadap Presiden Turki Recep Tayip Erdogan dan menuntut pemerintahannya mundur untuk kemudian diselenggarakan pemilu sebelum waktunya.

Dua pemimpin oposisi utama Turki, Kemal Kılıçdaroğlu dan Meral Akşener, menuding Erdogan tak berkompeten, dan menyerukan pemilu sebelum waktunya, namun Erdogan menolak seruan itu dan menegaskan bahwa pemilu akan diselenggarakan pada waktunya, Juni 2023.

Orang-orang Turki cemas mengikuti anjloknya nilai mata uang mereka. Pemimpin partai oposisi utama lain menyebut negara ini mengalami “malapetaka” paling gelap karena Lira merosot 15% pada hari Selasa terhadap dolar.

“Belum ada bencana seperti itu dalam sejarah Republik,” kata Kemal Kilicdaroglu, pemimpin oposisi Partai Rakyat Republik, ketika menyalahkan   Erdogan atas jatuhnya Lira.

“Pada titik ini, Anda adalah masalah keamanan nasional mendasar bagi Republik Turki,” lanjutnya.

Keterpurukan itu mengikuti penurunan tajam Lira selama beberapa pekan sehingga menyebabkan kenaikan harga dan membuat masyarakat mempertimbangkan kembali segalanya, mulai dari rencana liburan hingga belanja bahan makanan mingguan. (mm/alalam/reuters)

DISKUSI: