[Video] Berlatih Perang Melawan AS, Pasukan Iran Hancurkan Kapal Induk Tiruan

0
265

Teheran, LiputanIslam.com – Pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) merudal dan meledakkan tiruan sebuah kapal induk Amerika Serikat (AS) dalam latihan tempur bersandi “Nabi Besar ke-14”, Selasa (28/7/2020).

Manuver itu digelar di Selat Hormuz yang notabene jalur laut utama seperlima produksi minyak dunia dan merupakan area pusat ketegangan antara Iran dan AS.

Rekaman video latihan perang itu memperlihatkan serangan Angkatan Udara dan Angkatan Laut IRGC di kawasan lepas pantai barat daya Iran.

Kapal-kapal cepat Iran terlihat melesat dalam formasi tertentu sebelum pasukan darat menembakkan peluru artileri, sementara rudal ditembakkan dari helikopter.

Rekaman itu menampakkan model kapal induk USS Nimitz, dengan deretan pesawat tempur di kedua sisi landasan.

Televisi pemerintah menayangkan snapshot yang memperlihatkan peluncuran rudal dari truk ke laut, sebelum memperlihatkan kerusakan pada struktur holografik kapal induk.

Rudal lain ditembakkan dari helikopter, di belakang asap, sebelum tampak menerjang ujung kapal.

Selanjutnya, personel IRGC terlihat mendarat di permukaan kapal induk sebelum mengelilinginya dengan sekitar sepuluh kapal cepat.

“Apa yang ditunjukkan hari ini dalam latihan ini, di tingkat Angkatan Udara dan Angkatan Laut, semuanya ofensif,” ungkap komandan IRGC Mayjen Hussein Salami kepada televisi pemerintah.

“Kami menggunakan beberapa senjata dan peralatan snap, seperti rudal balistik jarak jauh, yang mampu mengenai sasaran serangan mengapung dari lokasi terpencil,” tambahnya.

IRGC dalam sebuah pernyataan hari itu mengumumkan bahwa mereka telah memulai tahap akhir dari latihan perang “Nabi Besar ke-14’” di selatan Iran, dan bahwa satelit militer Nour-1 yang diluncurkan pada 22 April lalu digunakan untuk memantaunya.

Latihan itu melibatkan Angkatan Laut dan Angkatan Udara IRGC di provinsi Hormozgan dan meluas hingga ke kedalaman daratan Iran, serta mengerahkan rudal, kapal, dan unit drone Angkatan Laut IRGC serta unit rudal, drone, dan radar Dirgantara IRGC. (mm/amn/alalam)

DISKUSI: