[Video] Arkeolog Temukan 27 Peti Mati Kayu Kuno di Mesir

0
122

Kairo, LiputanIslam.com – Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir mengatakan bahwa para arkeolog telah menemukan 27 peti mati kayu kuno di daerah dataran tinggi Saqqara, situs pemakaman kuno yang mencakup salah satu piramida tertua di dunia, Djoser.

Disebutkan bahwa peti mati kayu itu dicat dengan dekorasi warna-warni dan ukiran hieroglif, ditemukan tertumpuk di dua sumur pemakaman, dan  dalam kondisi yang belum belum pernah dibuka.

Saqqara adalah Situs Warisan Dunia dari Organisasi Pendidikan, Sains, dan Kebudayaan PBB (UNESCO).

Kementerian itu juga menjelaskan bahwa 13 peti mati ditemukan awal bulan ini di sumur sedalam 11 meter yang baru ditemukan, dan 14 lainnya ditemukan pada minggu lalu di sumur lain.

Rekaman yang dibagikan oleh kementerian itu menunjukkan sarkofagus berwarna-warni yang dihiasi hieroglif Mesir kuno, serta artefak lain yang ditemukan di dua sumur.

Dataran tinggi Saqqara ditempati oleh setidaknya 11 piramida, termasuk Piramida Djoser atau Piramida Bertingkat (Step Pyramid), bersama dengan ratusan makam pejabat zaman kuno, mulai dari Dinasti 1 (2920 SM-2770 SM) hingga periode Koptik (395-642).

Juru bicara Kementerian Pariwisata dan Purbakala, Nevine el-Aref, menyatakan bahwa para arkeolog masih bekerja untuk menentukan asal muasal peti mati tersebut, dan rincian lebih lanjut serta “rahasia” kemungkinan akan diumumkan bulan depan.

Pada bulan Maret lalu Mesir membuka kembali piramida Djoser di Saqqara, yang pertama dibangun, setelah proses pemugaran yang berlangsung selama 14 tahun dengan biaya sekitar US $ 6,6 juta.

Pada bulan  Juli, Mesir melanjutkan penerbangan internasional dan membuka kembali tempat-tempat wisata penting, termasuk piramida Giza, setelah ditutup selama beberapa bulan akibat pandemi Covid-19. (mm/reuters/ktla)

DISKUSI: