[Video:] Ancam Israel, Hizbullah Rilis Video Pengintaian terhadap Kapal Dekat Ladang Karish

0
288

Beirut, LiputanIslam.com Kelompok pejuang Hizbullah  Lebanon merilis video baru yang memperlihatkan pengintaiannya terhadap kapal yang dikhususkan untuk ekstraksi gas bagi Israel di Garis Karish di dalam perbatasan selatan Lebanon.

Dalam video berdurasi 22 detik, Hizbullah mengancam; “Kalian bergantung pada hari-hari ini” , dan “kapal-kapal yang mengekstraksi gas untuk kepentingan entitas Zionis berada di bawah jangkauan rudal Hizbullah.”

Ketegangan meningkat pada bulan Juni ketika sebuah kapal produksi sewaan Israel tiba di dekat ladang gas lepas pantai Karish, yang menurut Libanon berada di dalam perairan yang disengketakan.

Pada 2 Juli lalu Israel mengaku telah menembak jatuh tiga drone yang diluncurkan Hizbullah ke arah Karish, sementara pemimpin Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah pada 9 Agustus memperingatkan; “Tangan yang mencapai kekayaan ini akan terputus.”

Israel dan Lebanon sejak tahun 1996 berusaha menyelesaikan tumpang tindih perairan teritorial kedua negara, yang terletak di rembesan besar bahan bakar fosil. Negosiasi yang ditengahi AS dimulai pada tahun 2020. (mm/raialyoum)

DISKUSI: