CNN Tayangkan Video Pertama Kehancuran Markas Militer AS di Irak Akibat Gempuran Rudal Iran

0
5028

LiputanIslam.com –  Jaringan berita CNN yang bermarkas di AS menayangkan video dan gambar eksklusif pertama dari dalam area pangkalan udara Ain Assad di Irak yang terkena serangan rudal balistik Iran.

CNN menyebutkan bahwa korespondennya yang bernama Arwa Damon merupakan wartawan pertama yang dapat mengakses pangkalan yang menjadi markas terbesar pasukan AS di Negeri 1001 Malam tersebut.

Dalam reportasi Damon itu terlihat jelas latar belakang berupa reruntuhan dan puing bangunan yang hancur diterjang rudal balistik Iran, seperti terlihat dalam video yang baru diunggah dan disubtitle oleh akun “sahara tv”, Ahad (12/1/2020).

Damon menyebutkan bahwa di situ tak ada sesuatu yang tersisa, dan sulit membayangkan orang akan selamat jika berada di situ ketika serangan rudal itu terjadi.

Damon juga mengutip pertanyataan tentara di sana bahwa apa yang terjadi dan kehancuran sedemikian rupa itu belum pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Di bagian akhir laporannya Damon menyatakan bahwa kehancuran yang terjadi di Lanud Ain Assad itu merupakan “pengalaman yang mengerikan, dan keadaan yang mengerikan”.

Seperti diketahui, Iran telah menggempur pangkalan-pangkalan militer AS di Irak sebagai balasan atas kematian komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC)  Jenderal Qassem Soleimani akibat serangan udara AS.

Reportasi Damon itu diawali dengan laporan dari studio CNN bahwa masa depan keberadaan pasukan AS di Irak terancam, karena negara ini menuntut penarikan keluar pasukan AS menyusul serangan udara yang menewaskan Soleimani serta wakil ketua pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi Abu Mahdi al-Muhandis dan beberapa orang lain yang menyertai keduanya dalam peristiwa tersebut. (mm)

DISKUSI: