Zarif Sebut Trump Tak Akan Mampu Tundukkan Iran

0
114

Teheran,LiputanIslam.com-Menteri luar negeri Iran bereaksi keras terhadap statemen presiden AS yang ingin melenyapkan Iran. Mohammad Javad Zarif menegaskan, Donald Trump tak akan sanggup melakukannya.

“Sudah pasti dia keliru. Pernyataan semacam ini menunjukkan bahwa tujuan-tujuan AS adalah ilegal. AS tidak dalam posisi untuk bisa menghancurkan Iran,”kata Zarif kepada jurnalis CNN, Rabu (26/6).

AS, kata Zarif, tak punya kemampuan yang dibutuhkan untuk melenyapkan Iran, kecuali dengan senjata-senjata terlarang (senjata pembunuh massal).

“Rakyat Iran siap melawan segala bentuk agresi, namun kami tidak mencari-cari perang,”tegasnya.

Baca: Komandan IRGC: Sanksi Baru Buktikan AS Sudah Putus Asa

“Tindakan AS dalam beberapa pekan terakhir represif dan provokatif.  Terutama sanksi-sanksi yang diberlakukan atas pemimpin Iran (Ayatullah Ali Khamenei). Itu merupakan penghinaan berlipat AS terhadap semua rakyat Iran.”

Zarif menegaskan, negaranya mematuhi semua isi perjanjian nuklir (JCPOA) dan resolusi 2231 Dewan Keamanan PBB. “Sedangkan AS justru bertindak menentangnya (JCPOA) secara terang-terangan,”tandasnya.

Menanggapi sejumlah statemen Trump yang bernada mengancam, Zarif mengingatkan bahwa masa “Wild West” telah berakhir.

”Saya pikir, Trump harus sadar bahwa sekarang kita tidak lagi hidup di abad ke-18. Saat ini sudah ada piagam-piagam PBB, dan ancaman untuk melakukan kekerasan adalah tindakan ilegal,”pungkasnya. (af/alalam)

Baca:

Rusia: Iran Tidak Akan Sendirian Jika Diserang oleh AS

DISKUSI: