Zarif: ‘Deal of Century’ Akan Segera Mati

0
145

Tehran, LiputanIslam.com–Menlu Iran’s Foreign Minister Mohammad Javad Zarif mengecam Perjanjian Abad Ini yang digagas oleh Presiden AS Donald Trump dan menyebutnya akan “dead on arrival” (mati sebelum disahkan).

Menurut Zarif lewat cuitan di Twitter-nya pada hari Senin (27/1), dunia harus menghormati hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri alih-alih mempromosikan Perjanjian Abad Ini yang ia sebut ‘delisional’.

“Daripada [mendorong] ‘Perjanjian Abad Ini’ yang delusional dan akan D.O.A (dead on arrival), negara yang mengaku sebagai ‘juara demokrasi’ itu lebih baik menerima solusi demokratis Iran yang diusulkan oleh Ayatollah @khamenei_ir,” tulis sang menteri.

Dia menambahkan bahwa solusi terbaik untuk mengakhiri pendudukan Israel di wilayah Palestina adalah solusi yang diusulkan oleh Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei. Solusi ini akan memberi kesempatan warga Palestina untuk menentukan masa depan mereka.

Pada Juni 2018 lalu, Ayatollah Khamenei menekankan perlunya referendum bagi bagi warga “Palestina dari semua agama,”  yaitu Muslim, Kristen atau Yahudi, di mana langkah itu akan mengarah pada pembentukan pemerintah Palestina.

Jika itu terjadi, menurut Ayatollah, persatuan dan harga diri Umat Islam akan semakin kuat. (ra/presstv)

 

DISKUSI: