Zarif: AS Tak Pantas Sebut Ikhwan Al-Muslimin sebagai Teroris

0
57

Teheran,LiputanIslam.com-Menteri luar negeri Iran mengkritik keputusan Donald Trump yang mencantumkan Ikhwan al-Muslimin dalam daftar organisasi teroris.

“AS tidak dalam posisi untuk menyebut pihak-pihak lain sebagai organisasi teroris. Kami menolak segala upaya AS dalam hal ini,”kata Mohammad Javad Zarif di sela-sela konferensi “Dialog Kerjasama Asia” di Doha, Rabu (1/5).

Dilansir oleh Reuters, Zarif menyinggung dukungan Washington terhadap Rezim Zionis. “AS menyokong teroris terbesar di kawasan, yaitu Israel,”katanya.

Gedung Putih pada hari Selasa (30/4) mengumumkan, Trump tengah berusaha mendeklarasikan Ikhwan al-Muslimin sebagai sebuah organisasi teroris asing. Jika hal ini dilaksanakan, Washington akan menjatuhkan sanksi-sanksi terhadap kelompok tersebut.

Sebelum ini, berdasarkan kutipan New York Times dari sejumlah sumber, usai lawatan Abdel Fattah el-Sisi (presiden Mesir) ke AS pada 9 April dan pertemuannya dengan Trump, Gedung Putih menginstruksikan petinggi kemenlu dan dewan keamanan nasional untuk mencari jalan guna menjatuhkan sanksi atas Ikhwan al-Muslimin.

Di awal 2017, Gedung Putih sempat berencana untuk mengambil tindakan melawan Ikhwan al-Muslimin. Namun gagasan untuk menyebut kelompok itu sebagai teroris ditentang oleh para pejabat senior AS. (af/alalam)

 

DISKUSI: