Yaman Ragukan Kesungguhan Koalisi Saudi dalam Perundingan Yordania

0
191

Sanaa,LiputanIslam.com-Ketua Komite Militer Yaman di perundingan Yordania, Yahya Abdullah Razami mengkritik pemberitaan media-media pro-Koalisi, yang mengklaim bahwa Yaman menghalang-halangi proses perundingan tersebut.

Demi membuktikan niat baik serta mencegah Koalisi Saudi dan mesin medianya mencari-cari dalih, Sanaa mengumumkan pembukaan kembali sejumlah jalan di Provinsi Taiz, yang diklaim Koalisi Agresor berada di bawah kepungan pasukan Yaman.

“Kami telah mengajukan proposal serius untuk membuka 3 jalur di Taiz demi mengakhiri derita warga dan memudahkan transportasi mereka. Namun kami tidak melihat tanggapan jelas dari pihak Koalisi Saudi. Sikap ini memunculkan banyak pertanyaan terkait niat dan tujuan mereka dari perundingan ini,”kata Zarami.

Ia mendesak Koalisi Saudi untuk menggunakan peluang perpanjangan gencatan senjata demi menunjukkan niat baik dan melaksanakan isi kesepakatan gencatan senjata yang hingga kini belum dieksekusi.

Menurutnya, Pemerintah Yaman siap untuk melaksanakan proyek demi memperlancar jalannya perundingan. Zarami meminta para wakil PBB mengunjungi Taiz dan melihat keseriusan pihak Yaman dari dekat, serta memahami pihak mana yang sebenarnya menghalang-halangi proses perundingan.

Ia kembali menegaskan upaya pihak Sanaa untuk mengurangi kesusahan penduduk Taiz dan rakyat Yaman. Zarami menambahkan, kini bola ada di lapangan pihak Koalisi Agresor. Mereka yang mesti memerhatikan tanggung jawab kemanusiaan terkait penderitaan rakyat Yaman. (af/alalam)

Baca Juga:

Serangan Koalisi Saudi-UEA Tewaskan Bocah Yaman

[Video] Unik, Tentara Yaman Kirim Makanan dengan Rudal ke Warga yang Diblokade

DISKUSI: