Washington Habiskan Jutaan Dolar untuk Diskreditkan Damaskus

0
108

Damaskus,LiputanIslam.com-Kemenlu Suriah pada Kamis (19/1) menyatakan bahwa AS telah memberikan jutaan dolar kepada pihak-pihak media mencurigakan demi menjatuhkan citra Pemerintah Damaskus.

Kantor berita resmi Suriah SANA melaporkan, tindakan AS ini menunjukkan bahwa Washington masih bersikeras untuk melanjutkan proyek pendiskreditan dan penipuan opini publik di level regional dan internasional.

Menurut Damaskus, hal ini membuktikan bahwa AS masih saja menargetkan kedaulatan Suriah dan mencampuri urusan internalnya.

Damaskus menegaskan bahwa tujuan proyek-proyek ini adalah menutup-nutupi kejahatan AS di Suriah dan dukungan Washington kepada para teroris, kelompok separatis, dan aksi penjarahannya atas sumber-sumber alam negara ini.

Kemenlu Suriah menandaskan bahwa AS melakukan proyek ini dengan mengeklaim bahwa tujuannya adalah membela HAM. AS disebut Kemenlu Suriah sebagai negara yang paling banyak melakukan penipuan media, yang buktinya bisa disaksikan di Irak, Libya, dan perang terhadap Suriah. Sebab itu, AS adalah negara yang paling banyak melanggar HAM di dunia.

Sementara itu, dengan masih berlanjutnya aksi penjarahan minyak Suriah oleh AS, China melalui Jubir Kemenlu mengecam tindakan tersebut dan menyebutnya sebagai kejahatan memalukan.

Wang Wenbin mengatakan, aksi penjarahan AS telah memperburuk krisis bahan bakar dan bencana kemanusiaan di Suriah serta membahayakan hak hidup rakyat negara tersebut, sebab mereka mesti berjuang melewati musim dingin dengan stok bahan bakar dan pangan yang minim.

Ia menegaskan, AS harus dihukum karena merampok minyak Suriah. Wang juga menambahkan bahwa rakyat Suriah dan masyarakat internasional menuntut tanggung jawab dari Washington dan mendesaknya untuk menghormati hukum serta etika internasional. (af/fars)

DISKUSI: