Washington Diminta Terlibat Langsung di Investigasi Teror Abu Akleh

0
167

Washington,LiputanIslam.com-Senat AS mendesak Pemerintah untuk terjun langsung dalam penyelidikan atas pembunuhan jurnalis al-Jazeera, Shireen Abu Akleh, yang ditembak saat meliput kekerasan Tentara Rezim Zionis terhadap pendemo Palestina pada 11 Mei lalu.

“Jelas bahwa tak satu pun dari pihak-pihak yang berada di lapangan memercayai pihak lain untuk melakukan investigasi kredibel dan independen. Kami yakin, satu-satunya jalan untuk mewujudkan tujuan ini adalah AS berpartipasi langsung dalam penyelidikan,”demikian isi surat yang ditandatangani 24 senator tersebut.

Jubir Penasihat Keamanan Nasional AS mengatakan kepada Reuters, Washington tidak sedang melakukan penyelidikan resmi terkait masalah ini. Namun Washington meminta dari kedua belah pihak untuk saling bertukar bukti-bukti yang berkaitan dengan peristiwa tersebut.

Usai dibunuhnya Abu Akleh oleh Tentara Israel, desakan agar AS mengkaji ulang pemberian dukungan tanpa batas dan syarat untuk Rezim Zionis terus meningkat.

Setelah tersiarnya laporan tentang serangan anasir Zionis terhadap para pengiring jenazah Abu Akleh, Kemenlu AS hanya menyebut kejadian itu sebagai “hal yang mengkhawatirkan” dan meminta penyelidikan soal kematian jurnalis al-Jazeera tersebut.

Di saat itu, saat Biden ditanya wartawan terkait pembunuhan ini, alih-alih mengutuk, ia hanya berkata bahwa ia tidak mengetahui detailnya dan menyatakan harus ada penyelidikan. (af/fars)

DISKUSI: