Warren dan Sanders Dukung Joe Biden untuk Pilpres AS 2020

0
362

(kiri ke kanan) Elizabeth Warren, Joe Biden, Bernie Sanders

Washington, LiputanIslam.com—Senator Elizabeth Warren pada Rabu (15/4) secara resmi mendukung Joe Biden sebagai presiden dalam pemilu 2020 mendatang.

Pernyataan dukungan ini disampaikan setelah ia mengakhiri kampanyenya lebih dari sebulan lalu.

“Pada saat krisis ini, penting … bahwa presiden berikutnya mengembalikan kepercayaan warga  Amerika kepada pemerintahan yang baik dan efektif – dan saya sudah melihat Joe Biden membantu bangsa kita bangkit,” tulis Warren dalam sebuah tweet.

Ia juga merilis sebuah video yang menjelaskan alasannya mendukung Biden, dengan mengutip kisah dan pengalaman hidupnya di kantor pemerintahan.

Dukungan senator dari Massachusetts itu adalah dukungan dari figur besar kepada Biden untuk ketiga kalinya pada minggu ini. Sebelumnya, dukungan datang dari Senator Vermont Bernie Sanders pada hari Senin (13/4) dan mantan Presiden Barack Obama pada hari Selasa (15/4).

 

Dukungan Bernie Sanders

Bernie Sanders menyatakan dukungan kepada eks-rivalnya sendiri, Joe Biden, pada Senin (13/4) untuk pemilihan calon presiden dari Partai Demokrat. Langkah ini dilakukan untuk membantu mempersatukan Partai Demokrat dalam pemilu presiden 2020 melawan Presiden Donald Trump dari Partai Republik.

Sanders sendiri pekan lalu menghentikan kampanyenya dalam pemilihan di Partai Demokrat. Ia kemudian bergabung dengan Biden dalam sebuah kampanye online dengan menyebut wabah corona sebagai alasan bagi partai Demokrat untuk bersatu.

Langkah ini sangat kontras dengan pemilu 2016, ketika Sanders menunggu hingga Konvensi Nasional Demokrat di musim panas untuk mendukung calon yang saat itu terpilih, Hillary Clinton.

Persatuan kedua politisi ini memunculkan pertanyaan tentang seberapa mungkin Sanders, yang sangat populer di tengah pemilih muda liberal, bisa bersatu di belakang Biden yang dukungannya banyak berasal dari kaum moderat yang lebih tua.

Dalam kampanye online itu, Sanders meminta Demokrat, Republik, dan independen “untuk bersatu dalam kampanye ini untuk mendukung pencalonan (Biden), yang saya sarankan, untuk memastikan kita bisa mengalahkan seseorang yang saya percaya … adalah presiden paling berbahaya di sejarah modern negara ini.”

Biden pun menyatakan bahwa ia dan Sanders akan mengembangkan enam kebijakan kaum pekerja dalam sejumlah isu seperti ekonomi, pendidikan, peradilan pidana, imigrasi, dan perubahan iklim di Amerika Serikat.

“Saya akan membutuhkanmu,” kata Biden kepada Sanders, “bukan hanya untuk memenangkan kampanye, tetapi untuk memerintah.” (ra/presstv/npr)

DISKUSI: