Warga Palestina Protes Perluasan Pemukiman Yahudi, Tentara Israel Tembakkan Gas Air Mata

0
123

Nablus, LiputanIslam.com–Tentara Israel menembakkan gas air mata kepada sekelompok warga Palestina yang memprotes perluasan pemukiman Yahudi, Asira Ash-Shamaliyya. Demikian dilaporkan oleh kantor berita Palestina, WAFA.

Pasukan Israel melepaskan tembakan gas air mata ke arah demonstran yang berbaris melawan langkah Israel untuk merebut tanah mereka di Gunung Ebal. Akibat, sejumlah besar demonstran menderita sesak napas.

Tentara Israel juga menembakkan granat concussion ke juru kamera dan reporter TV Palestina yang tengah meliput aksi protes.

Penduduk Palestina telah memprotes perebutan tanah di puncak Gunung Ebal untuk Jumat ketiga berturut-turut.

Ketua Komisi Anti-Dinding Perbatasan dan Permukiman, Walid Assaf, mengatakan bahwa aksi menunjukkan komitmen rakyat Palestina untuk mempertahankan tanah mereka di hadapan kebijakan pemukiman kolonial.

Assaf menambahkan, perluasan pemukiman Yahudi di daerah itu merupakan bagian dari rencana ilegal Israel untuk menganeksasi sebagian wilayah Tepi Barat.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah berjanji untuk mencaplok hampir 30 persen dari total wilayah Tepi Barat dan Jordan Valley, sebuah tindakan yang dianggap sebagai pelanggaran berat terhadap hukum internasional. (ra/palestinechronicles)

DISKUSI: