[VIDEO] Tentara Israel Hancurkan Rumah Warga Palestina

0
168

Tepi Barat, LiputanIslam.com—Tentara Israel menghancurkan sebuah rumah milik keluarga Palestina pada Senin (11/5) pagi kemarin. Rumah tersebut berada di desa Kobar, Ramallah, kawasan pendudukan Tepi Barat.

Rumah tersebut adalah milik keluarga seorang tahanan Palestina bernama Qassem Shibli. Shibli dituduh menyerang warga Israel, Rina Shnerb, di dekat pemukimah ilegal Israel, Dolev.

Ketika tentara Israel hendak menghancurkan rumah itu, puluhan warga Palestina datang berdemo dengan membakar ban dan melemparkan batu ke arah tentara. Tentara pun merespon dengan “metode penyebaran massa”.

The Red Crescent melaporkan bahwa empat warga Palestina terluka dalam bentrokan itu, salah satunya terkena granat gas.

Tindakan penghancurkan rumah adalah bentuk hukuman kolektif dan salah satu langkah paling ekstrem yang dilakukan Israel untuk merazia warga Palestina. Israel tidak mengizinkan rumah-rumah yang hancur itu dibangun kembali. Mereka pun mengancam akan merobohkan setiap upaya untuk membangun kembali.

Menurut organisasi HAM B’tselem, “selama bertahun-tahun, Israel telah menghancurkan ratusan rumah sebagai bentuk kebijakan, hingga menyebabkan ribuan warga Palestina kehilangan tempat tinggal.”

Kebijakan ini pun dikecam oleh banyak lembaga HAM karena melanggar hukum internasional. (ra/palestinechronicles)

DISKUSI: