Teheran, LiputanIslam.com, –Peristiwa tewasnya Jenderal Qassem Soleimani telah berlalu lebih dari sepekan. Namun, besarnya reaksi masyarakat dunia membuat peristiwa tersebut masih terus diperbincangkan. Sebuah video dibuat untuk menggambarkan beberapa sudut dan momen pada tanggal 6 Januari 2020, ketika jutaan warga Teheran mengikuti upacara pelepasan atas jenazah Jenderal Qassem Soleimani.

Video yang berjudul “Hujan Air Mata di Tanah Persia” ini menampilkan pemandangan jutaan warga Teheran yang tumpah ruah ke jalanan. Juga bisa dilihat momen tangisan Grand Ayatullah Ali Khamenei saat melakukan salat jenazah, potongan pidato Zainab Soleimani (puteri Jenderal Qassem) yang melontarkan ancaman kepada tentara AS di Timur Tengah, serta potongan pidato Ismail Haniyeh (Kepala Biro Politik HAMAS, Palestina) yang menegaskan bahwa Qassem Soleimani adalah martir bagi Al-Quds, Palestina.

Isi pidato Haniyeh itu juga menepis berbagai tuduhan negatif terkait Jenderal Soleimani, yang menyatakan bahwa jenderal Iran ini adalah musuh kaum Muslimin Sunni. Haniyeh yang merupakan representasi dari kelompok pejuang Sunni dengan tegas menyatakan bahwa yang diperjuangkan oleh Soleimani selama hidupnya adalah Islam, Sunni ataupun Syiah. (os/rupty/sun)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*