[VIDEO] Legenda Tinju Muhammad Ali: Mengapa Semua Putih?

0
110

Washington, LiputanIslam.com–Gerakan anti-rasisme belakangan ini muncul di berbagai penjuru dunia pasca kematian George Floyd. Pembunuhan pria Afrika-Amerika oleh seorang petugas polisi kulit putih itu kembali menarik perhatian orang-orang terkait isu ketidakadilan bagi ras kulit hitam. Isu ini ternyata pernah diungkit oleh legenda tinju Muhammad Ali.

Dalam sebuah wawancara dengan Michael Parkinson dalam acara bincang-bincang ‘Parkinson’ pada 1971, Muhammad Ali mempertanyakan mengapa semua hal di dunia ini berputar di ‘warna putih’? Misalnya, Yesus dan pengikutnya selalu digambarkan berkulit putih, malaikat berwarna putih, sementara hal-hal berbau ‘kejahatan’ disimbolkan dengan warna hitam. Penyimbolan warna-warna tersebut memperlihatkan adanya konstruksi pengetahuan di tengah masyarakat yang tidak memberikan tempat bagi ras berkulit gelap.

Cuplikan wawancara tersebut bisa ditonton di bawah ini. (ra/presstv)

“Mengapa semuanya putih ?”Ini adalah cuplikan wawancara legenda tinju Muhammad Ali dengan Michael Parkinson dalam acara bincang-bincang ‘Parkinson’ pada 1971.Video ini diputar kembali menanggapi fenomena yang terjadi akhir akhir ini di Amerika Serikat. Monggo dipun pirsani

Dikirim oleh Aminah pada Minggu, 14 Juni 2020

DISKUSI: