[VIDEO] Demonstran Penuhi Jalanan Belarus, Tuntut Presiden Mundur

0
112

Minsk, LiputanIslam.com–Sebuah aksi demonstrasi anti-pemerintah kembali berlangsung di Minsk, Belarus, untuk minggu ketiga. Para demonstran menuntut presiden mereka, Alexander Lukashenko, untuk mundur.

Sumber di lapangan melaporkan jumlah demonstran mencapai puluhan ribu, namun pihak oposisi mengklaim terdapat 100.000 orang.

Pada awalnya, para demonstran berkumpul di Lapangan Kemerdekaan kota selama beberapa menit untuk mengenang korban tewas akibat bentrok dengan polisi selama aksi sebelumnya.

Kemudian mereka berjalan beriringan ke utara menuju Hotel Planeta yang terletak tidak jauh dari lokasi aksi pekan lalu.

Menurut laporan, aksi protes berlangsung damai di bawah pemantauan polisi.

Selain Minsk, aksi protes juga diadakan di kota-kota besar lainnya di seluruh penjuru negeri. Ratusan orang turun ke jalanan di Brest, Mogilev, dan Vitebsk. Sementara di Grodno, ribuan orang berkumpul di alun-alun.

Pihak oposisi menuding Presiden Lukashenko mencurangi pemilu yang diadakan pada 9 Agustus lalu dan secara resmi menghasilkan kemenangan telak bagi petahana.

Lukashenko menyanggah tudingan itu dan mengklaim para pengkritiknya berusaha untuk menyingkirkannya sesuai keinginan negara-negara Barat yang berusaha menarik Belarus dari Rusia. (ra/rt)

DISKUSI: