Venezuela Tolak Syarat Pencabutan Sanksi dari AS

0
432

Presiden Venezuela Nicolas Maduro di Caracas, Venezuela, 25 Januari 2019. REUTERS/Manaure Quintero

Caracas, LiputanIslam.com–Venezuela menolak syarat pencabutan sanksi yang diajukan pemerintah AS, yaitu bahwa Presiden Nicholas Maduro harus turun.

“Pemerintah Bolivarian menegaskan bahwa Venezuela tidak menerima, juga tidak akan pernah menerima pengaturan dari pemerintah asing mana pun,” kata Menteri Luar Negeri Venezuela Jorge Arreaza lewat sebuah unggahan di Twitter pada hari Selasa (31/3), tak lama setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyampaikan syarat tersebut.

Syarat yang dibuat dalam sebuah skema “Kerangka Kerja Demokratis untuk Venezuela” itu mengharuskan Presiden Maduro untuk mengundurkan diri dan menyerahkan kekuasaannya kepada dewan lima-anggota hingga pemilu pada akhir tahun ini.

Bukan kebetulan, skema ini mengajukan empat anggota dewan oleh Majelis Nasional yang dikendalikan oposisi dan anggota kelima akan berfungsi sebagai presiden sementara sampai pemilu diadakan oleh empat yang pertama.

PBB dan lembaga internasional lainnya telah meminta Washington agar melonggarkan sanksi terhadap Venezuela di tengah pandemi corona. Sanksi ini memang mengancam kualitas perawatan kesehatan di negara Latin itu.

Selain AS, Dana Moneter Internasional (IMF) yang dikendalikan AS juga telah menolak permintaan pinjaman lima miliar dolar dari Venezuela.

Sejauh ini, setidaknya 135 orang dinyatakan positif corona di Venezuela, dengan tiga orang meninggal dunia. (ra/presstv)

 

DISKUSI: