Venezuela: Kami dan Iran Akan Kalahkan Imperialisme AS

0
141

Presiden Iran Hassan Rouhani (kiri) dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro (kanan) di Porlamar, Margarita Island, Venezuela, 17 September 2016. (JUAN BARRETO/AFP via Getty Images)

Caracas, LiputanIslam.com—Angkatan Udara Venezuela baru-baru ini merilis sebuah video berisi pujian kepada Iran karena mengirimkan minyak ke Venezuela di tengah sanksi oleh “imperialis” AS.

“Iran dan Venezuela, dua negara yang berperang melawan imperialisme AS dengan martabat dan keberanian,” demikian isi salah satu keterangan di dalam video yang dirilis pada Senin (25/5) kemarin.

“Pertarungan kita akan berhasil dan kita akan menang,” lanjut mereka. “Terima kasih kepada orang-orang Iran untuk persahabatan mereka.”

Video itu memperlihatkan pesawat jet tempur Venezuela mengawal kapal tanker Iran, Forest, ketika memasuki perairan teritorial negara Amerika Latin itu. Kapal itu berisi minyak yang sangat dibutuhkan ke negara yang kekurangan bahan bakar itu.

Di hari yang sama, Presiden Venezuela Nicholas Maduro juga memuji Iran karena mengirim lima tanker berisi sekitar 1,5 juta barel bensin. Suplai pertama memasuki zona ekonomi eksklusif Venezuela (EEZ) pada hari Sabtu lalu.

Maduro menyebut negaranya dan Iran adalah “dua entitas revolusioner yang tidak akan pernah berlutut di hadapan imperialisme Amerika Utara”. Menurutnya, Venezuela dan Republik Islam seharusnya punya hak untuk berdagang. Namun, sanksi AS terhadap sektor kelautan dan energi kedua negara itu menghancurkan hak tersebut.

Saat ini, Venezuela mengalami kekurangan bahan bakar olahan dan terpaksa bergantung pada impor. Namun, impor itu dibatasi oleh sanksi dari AS. (ra/presstv/newsweek)

DISKUSI: