Utang Inggris Capai £2 Triliun untuk Pertama Kalinya

0
124

London, LiputanIslam.com—Utang pemerintah Inggris mencapai £2 triliun (sekitar Rp. 38 kuadriliun) untuk pertama kalinya sejak 1960 akibat pandemi Covid-19.

Jumlah utang ini mencapai 100 persen GDP, yang berarti negara tersebut kini berutang lebih dari nilai produksi dalam satu tahun penuh. Angka tersebut dirilis oleh badan statistik nasional Inggris, ONS.

Penyebab utama penunggakan utang ini adalah pengeluaran anggaran pemerintah yang dipinjam dari bank dan lembaga keuangan lainnya untuk tindakan lockdown darurat.

Akibat kebijakan lockdown, sejauh ini sekitar satu dari delapan pekerja Inggris terpaksa dirumahkan. Pemerintah Inggris pun membuat skema bantuan yang mencakupi 80 persen dari gaji bulanan biasa setiap karyawan hingga 2500 pound. Tetapi bantuan ini akan berakhir pada Oktober meskipun pihak oposisi menyerukan untuk diperpanjang.

Kenaikan utang ini terjadi di tengah serangan resesi ekonomi yang parah dan pembicaraan yang goyah dengan Uni Eropa tentang masa depan pasca periode transisi setelah Brexit. Hal ini membuat jutaan warga Inggris mengkhawatirkan masa depan mereka. (ra/presstv)

DISKUSI: