Uni Eropa Ikut-ikutan Gusar atas Eksekusi Mata-mata Inggris di Iran

0
138

Teheran,LiputanIslam.com-Setelah reaksi emosional London terhadap hukuman mati yang dijatuhkan Iran atas mata-mata Inggris, Alireza Akbari, kini Uni Eropa melalui Staf Kebijakan Luar Negerinya, Josep Borrell turut mencela tindakan Iran.

“Kami mengecam keras hukuman mati atas warga Inggris-Iran Alireza Akbari di Iran. Kami kembali menyatakan penentangan terhadap hukuman mati dalam segala kondisi,”kata Borrell.

Sebelum ini. Wakil AS untuk urusan Iran, Robert Malley melalui Twitter merespons hukuman mati Iran atas mata-mata Inggris, Alireza Akbari.

“Saya ngeri mendengar eksekusi warga Iran-Inggris, Alireza Akbari. Penangkapan semena-mena Republik Islam, pengakuan paksa, pengadilan palsu, dan hukuman mati bermotif politik harus diakhiri,”cuit Malley.

Berdasarkan pengumuman Kementerian Intelijen Iran, Akbari secara sadar telah menyerahkan informasi penting negara kepada dinas intelijen musuh. Dia merupakan salah satu agen spionase terpenting dinas intelijen Inggris di pusat-pusat vital dan strategis Iran.

Akbari didakwa telah menerima bayaran 1.805.000 Euro, 265.000 Pounsterling, dan 50.000 Dolar AS selama bekerja sebagai mata-mata untuk MI6 Inggris. Hukuman mati atas Akbari telah dilaksanakan pada hari Sabtu pagi 14 Januari.

Di antara tindakan Akbari yang merugikan keamanan nasional Iran adalah aktivitas spionase untuk Inggris, menjalin kontak dengan MI6, dan pertemuan intensif dengan para perwira intelijen musuh di berbagai negara. Akbari pula yang telah membocorkan informasi tentang Mohsen Fakhrizadeh, salah satu ilmuwan nuklir Iran yang gugur karena diteror. (af/fars)

DISKUSI: