Ulyanov: Pengesahan Resolusi Anti-Iran Tak Ada Gunanya

0
10

Wina,LiputanIslam.com-Disahkannya resolusi atas Iran oleh Dewan Gubernur IAEA memicu kritik pedas Rusia.

Wakil Rusia di organisasi-organisasi internasional di Wina, Mikhail Ulyanov di akun Twitter-nya menulis bahwa resolusi anti-Iran ini tidak akan membantu apa pun.

Menyinggung statemen Wakil AS di Wina, Ulyanov mencuit,”Sedikit banyak ada logika di balik (tindakan) ini. Namun pertanyaannya adalah: pertama, apakah resolusi ini akan memulihkan kerja sama Teheran dengan IAEA?”

“Kedua, apakah ini akan membantu finalisasi Perundingan Wina? Jawaban dua-duanya negatif. Jadi, untuk apa kalian merilis resolusi ini?”tandas Ulyanov.

Dewan Gubernur IAEA telah mengesahkan resolusi usulan Trio Eropa (Jerman, Inggris, dan Prancis) bersama AS, yang mengharuskan Iran bekerja sama dengan Badan Energi Atom Internasional tersebut.

Resolusi itu disahkan pada Rabu malam 8 Juni setelah mendapatkan 30 suara setuju, 2 suara menolak (Rusia dan China), dan 3 suara abstain (India, Pakistan, dan Libya).

Kemenlu Iran merilis statemen dan menyatakan,” “Republik Islam Iran mengecam pengesahan resolusi yang diajukan AS, Inggris, Prancis, dan Jerman dalam rapat Dewan Gubernur IAEA hari Rabu sebagai langkah politis, keliru, dan tidak konstruktif.”

“Pengesahan resolusi di atas dilakukan berdasarkan laporan tergesa-gesa dan tak seimbang Sekjen IAEA, yang dilandasi oleh informasi dusta dari Rezim Zionis. Pengesahan resolusi ini tidak memiliki hasil selain memperlemah proses kerja sama dan interaksi Republik Islam Iran dengan IAEA,”tandas Kemenlu Iran. (af/fars)

DISKUSI: