UEA Resmi Cabut UU Pemboikotan Israel

0
76

Abu Dhabi, LiputanIslam.com–Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) secara resmi mencabut undang-undang pemboikotan Israel yang melarang perdagangan dan perjanjian keuangan dengan Tel Aviv.

Menurut pengumuman dari Emirates News Agency (WAM) pada Sabtu (29/8), Menlu UEA Sheikh Abdullah bin Zayed Al-Nahyan mengeluarkan keputusan federal untuk “menghapus Undang-Undang Federal No. 15 tahun 1972 tentang pemboikotan Israel dan pidana hukumnya”.

Berdasarkan keputusan tersebut, perusahaan dan individu di UEA kini dapat menandatangani perjanjian perdagangan dengan perusahaan atau individu yang tinggal di Israel.

“Akan diizinkan [bagi semua individu atau perusahaan] untuk membawa masuk, menukar, atau memiliki semua jenis barang dan produk Israel di UEA dan memperdagangkannya,” jelas WAM.

Pada 13 Agustus lalu, Israel dan UEA mencapai kesepakatan yang akan mengarah pada normalisasi penuh hubungan diplomatik antara kedua belah pihak.

Dengan adanya kesepakatan tersebut, delegasi Israel dan UEA akan mengadakan pertemuan dan menandatangani perjanjian bilateral yang mencakup sektor-sektor investasi, pariwisata, dan penerbangan langsung, serta pembukaan kedutaan.

Untuk pertama kalinya, penerbangan langsung akan dibuka antara Bandara Ben Gurion, Tel Aviv, dan ibu kota UEA, Abu Dhabi, pada hari Senin mendatang.

Sejumlah laporan menyebut penerbangan pertama itu akan membawa delegasi Israel dan para penasehat Presiden AS, di antaranya Jared Kushner. (ra/presstv)

 

DISKUSI: