UAE Dukung Sikap Macron terhadap Islam

0
72

Menlu UEA Anwar Gargash berbicara di konferensi pers di Sudan, 14 Januari 2020. (Photo by AFP)

Abu Dhabi, LiputanIslam.com–Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) baru-baru ini menyatakan dukungan terhadap pernyataan Islamofobik dari Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Dalam sebuah wawancara dengan harian Jerman Die Welt pada hari Senin (2/11), Menteri Luar Negeri UEA Anwar Gargash menyerukan umat Islam untuk menerima pendirian Presiden Macron.

“Umat Muslim harus mendengarkan baik-baik apa yang dikatakan Macron dalam pidatonya. Dia tidak ingin mengisolasi Muslim di Barat, dan dia sepenuhnya benar,” kata Gargash.

Ia menambahkan perlunya integarasi bahwa kaum Muslim dengan cara yang lebih baik di negara-negara Barat.

Sang menteri juga menolak pandangan bahwa Macrin berupaya mendiskriminasi warga Muslim di Prancis.

Selama dua bulan terakhir, sejumlah negara Muslim di dunia mengungkapkan kemarahan kepada Macron yang dianggap telah mencederai agama Islam.

Pada bulan September, Macron membela “hak untuk menghujat” di Prancis setelah majalah satir Charlie Hebdo merilis ulang kartun-kartun yang menjelek-jelekkan Nabi Muhammad (SAW). Pada tanggal 2 Oktober, Macron juga mengklaim bahwa Islam “berada dalam krisis di dunia.” Ia pun berencana “mereformasi Islam” untuk membawa agama ini sejalan dengan nilai-nilai Prancis. (ra/presstv)

 

DISKUSI: