Turki Tangkap Wanita Terduga Pelaku Ledakan Istanbul

0
106

Istanbul,LiputanIslam.com-Mendagri Turki Suleyman Soylu mengabarkan, seorang wanita yang diduga pelaku pengeboman Istanbul telah ditangkap.

Wanita itu diduga telah menaruh bom di jalan Istiklal dekat Taksim Square di Istanbul, yang menewaskan serta melukai puluhan orang. Menurut Soylu, wanita itu adalah anggota kelompok Kurdi PKK dan cabangnya di utara Suriah adalah dalang serangan teror tersebut.

AS telah menyampaikan belasungkawa atas kejadian tersebut. Namun ditanggapi sinis oleh Soylu. Ia mengatakan,”Pesan belasungkawa AS sama seperti kembalinya pembunuh ke tempat terjadinya pembunuhan.”

“Patut disesalkan bahwa orang-orang yang menganggap kami sekutu mereka dan mengesankan bahwa mereka adalah kawan kami. Namun mereka sendiri memberikan sokongan dana kepada para teroris dan memberi perlindungan kepada mereka di kawasan-kawasan yang didudukinya,”kata Soylu ditujukan kepada Washington.

Menyusul terjadinya ledakan bom pada hari Minggu kemarin di jalan Istiklal di Istanbul, Turki, Pemerintah AS merilis statemen yang mengecam aksi teror tersebut.

Jubir Gedung Putih, Karine Jean-Pierre dalam statemennya menyatakan,”Hati-hati kami bersama para korban luka dalam kejadian ini. Kami dari lubuk hati terdalam menyampaikan belasungkawa kepada mereka yang telah kehilangan orang-orang terkasih.”

“Kami berdiri bahu membahu di sisi Turki, sekutu kami di NATO dan pembasmian terorisme,”lanjutnya.

Enam orang dikabarkan tewas dan 81 lainnya luka-luka  akibat ledakan bom yang mengguncang jalur pejalan kaki yang padat pengunjung di Istanbul pada Minggu 13 November kemarin. (af/fars)

DISKUSI: