Trump Yakin Covid-19 Diciptakan di Lab Wuhan

0
124

Washington, LiputanIslam.com—Presiden AS Donald Trump menyatakan percaya bahwa virus corona dibuat oleh Institut Virologi Wuhan, China, tanpa menjelaskan alasannya.

Dalam sebuah pertemuan pers pada Kamis (30/4), wartawan bertanya padanya apakah ia sangat percaya jika virus itu berasal dari laboratorium. Trump pun menjawab, “Ya, saya percaya.”

Wartawan kemudian bertanya apa argumen dasar atas penilaian itu. Ia menjawab, “Saya tidak bisa mengatakannya. Saya tidak boleh mengatakannya.

Sebelumnya di hari yang sama, Kantor Direktur Intelijen Nasional (ODNI) AS merilis pernyataan bahwa komunitas intelijen AS “sependapat dengan konsensus ilmiah yang luas bahwa virus COVID-19 bukan buatan manusia atau tidak dimodifikasi secara genetik.”

Namun, intelijen AS disebut akan terus memeriksa informasi untuk menentukan apakah wabah itu berasal dari kontak dengan hewan yang terinfeksi atau apakah itu hasil dari kecelakaan di laboratorium di Wuhan.

Trump mencibir pernyataan itu dalam pertemuan pers.

Presiden ke-45 itu telah berulang kali menyalahkan Cina atas pandemi Covid-19. Ia menyebut bahwa meskipun Beijing mengisolasi Wuhan dan provinsi sekitarnya, mereka tetap membiarkan warganya bepergian ke luar negeri dan menyebarkan virus. (ra/rt)

 

DISKUSI: