Trump Tutup Perjalanan dari Eropa, Harga Minyak Jatuh

0
106

Washington, LiputanIslam.com–Harga minyak jatuh sebanyak enam persen pada hari Kamis (12/3) setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan penutupan perjalanan dari Eropa untuk mengatasi penyebaran virus corona COVID-19.

Minyak mentah Brent turun 5,8 persen menjadi di bawah $34 per barel, sementara West Texas Intermediate tergelincir 6,2 persen menjadi $31 per barel.

Pasar minyak telah mengalami kejatuhan sejak awal pekan ini setelah Arab Saudi memangkas harga minyak di tengah perselisihan dengan Rusia terkait pengurangan produksi.

Wabah COVID-19 tambah menghancurkan permintaan bahan bakar setelah banyak perusahaan terpaksa tutup untuk mencegah penyebaran virus.

Dalam sebuah pidato yang disiarkan televisi, Trump mengumumkan larangan perjalanan dari 26 negara Eropa ke AS selama 30 hari ke depan. Larangan ini tidak berlaku bagi Inggris yang bukan lagi anggota Uni Eropa.

Maskapai penerbangan AS juga telah memangkas jadwal penerbangan ke Italia, salah satu negara dengan kasus virus corona terbanyak.

 

Ketakutan akan resesi di AS

Krisis yang terjadi akibat virus corona ini membuat banyak pihak khawatir jika akan terjadi pengulangan peristiwa crash minyak tahun 2014 yang membangkrutkan banyak perusahaan dan membuat ratusan ribu orang di-PHK di AS.

“Dua bulan terakhir telah seperti film horor bagi investor sektor energi,” kata analis energi di CFRA Research, Stewart Glickman.

“Kami mengalami guncangan permintaan dan guncangan pasokan (kejatuhan OPEC-Plus) yang terjadi pada saat yang sama,” imbuhnya.

Pasar saham AS menderita kerugian pada awal pekan ini sehingga muncul kekhawatiran akan resesi di Negeri Paman Sam itu. Krisis besar ini dianggap menjadi ancaman terbesar bagi nasib Trump dalam pemilu mendatang. (ra/presstv)

DISKUSI: