Trump Rilis Peta Rencana Negara Palestina, Seperti Apa?

0
93

Washington, LiputanIslam.com—Presiden AS Donald Trump baru-baru ini mengunggah gambar peta yang menunjukkan rencana pembagian wilayah Negara Palestina dan Israel di masa depan.

Gambar tersebut disertai cuitan dalam bahasa Arab dan Inggris: Inilah bentuk Negara Palestina di masa depan, dengan ibukota di sebagian Yerusalem timur.”

“Peta konseptual” itu memasukkan sebuah terowongan yang akan menghubungkan Tepi Barat ke Gaza di pantai Mediterania. Peta itu juga menyertakan “zona industri manufaktur berteknologi tinggi” dan zona “perumahan dan pertanian” di Negara Palestina.

Selain itu, terlihat juga wilayah Dataran Tinggi Golan yang sebagian masuk ke dalam negara Israel. AS memang mengakui ‘kedaulatan’ Israel atas wilayah itu sejak tahun lalu meskipun hal itu ilegal menurut hukum internasional.

Pada Selasa (28/1) kemarin, Trump merilis rincian rencana 80 halaman di Gedung Putih bersama Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang menyebut rencana itu “jalan realistis menuju perdamaian yang akan bertahan lama.”

Ia pun menulis tweet dalam bahasa Ibrani bahwa ia akan “selalu berdiri” dengan Israel. “Saya sangat mendukung keselamatan dan keamanan mereka dan hak mereka untuk hidup di tanah air bersejarah mereka. Inilah waktunya menuju perdamaian!”

Rencana ini telah ditolak mentah-mentah oleh tokoh-tokoh Palestina. Iran juga mengecam rencana itu karena dibuat semata-mata “antara rezim Zionis [Israel] dan Amerika” tanpa menyertakan pihak Palestina. (ra/presstv)

 

DISKUSI: