Trump Izinkan Pembunuhan Soleimani Sejak 7 Bulan Lalu

0
93

Washington, LiputanIslam.com–Presiden AS Donald Trump dilaporkan telah memberikan wewenang kepada militer Amerika untuk membunuh Jenderal Iran Qasem Soleimani sejak tujuh bulan lalu.

Laporan ini bertentangan dengan pernyataan Trump sebelumnya bahwa ia memerintahkan pembunuhan itu karena Soleimani hendak memberikan ancaman darurat terhadap Amerika.

Menurut pemberitaan NBC News pada Senin (13/1) dengan mengutip beberapa pejabat senior AS, pemberian wewenang ini diberikan Trump pada bulan Juni lalu dengan dengan syarat bahwa ia memegang persetujuan akhir pada setiap operasi spesifik untuk membunuh Soleimani.

Para pejabat melaporkan kepada NBC News bahwa mantan Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton, sempat mendesak Trump untuk menandatangani operasi pembunuhan Soleimani setelah Iran menembak jatuh pesawat tak berawak AS yang melanggar wilayah udara Iran pada bulan Juni.

Menlu Mike Pompeo juga menginginkan Trump menyetujui operasi itu.

Gagasan membunuh Soleimani bahkan sudah muncul sejak 2017 dalam diskusi antara mantan penasihat keamanan nasional, H.R. McMaster, dengan penasihat senior Trump lainnya.

Rencana itu merupakan bagian dari kampanye “tekanan maksimum” Trump terhadap Iran. (ra/presstv)

 

DISKUSI: