Trump Dinominasikan Nobel Perdamaian karena Bantu Jalin Kesepakatan Israel-UEA

0
106

Washington, LiputanIslam.com–Presiden AS Donald Trump dinominasikan untuk mendapat penghargaan Nobel Perdamaian 2021.

Menurut laporan dari Fox News pada Rabu (9/9), sang presiden dinominasikan oleh pejabat Norwegia, Christian Tybring-Gjedde, karnea berhasil membantu menjalin kesepakatan normalisasi antara Israel dan UEA.

“Atas jasanya, saya pikir dia telah melakukan lebih banyak upaya untuk menciptakan perdamaian antar negara daripada kebanyakan nominasi Penghargaan Perdamaian lainnya,” kata Tybring-Gjedde kepada Fox News dalam sebuah wawancara.

Berdasarkan surat nominasi yang dikirim ke Komite Nobel, kesepakatan Israel-UAE yang dibantu Trump itu disebut sebagai “game changer yang akan mengubah Timur Tengah menjadi wilayah kerja sama dan kemakmuran,”

Tybring-Gjedde juga mencatat peran kunci pemerintahan Trump dalam memfasilitasi kontak antara pihak-pihak yang berkonflik, termasuk diantaranya India dan Pakistan mengenai masalah perbatasan Kashmir.

Pencalonan Trump sebagai peraih Nobel bukanlah yang pertama kalinya. Tybring-Gjedde pernah menominasikan sang presiden pada tahun 2018 lalu setelah pertemuan Trump dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, di Singapura.

Bulan lalu, Israel dan UEA mencapai kesepakatan bersejarah untuk menjalin hubungan diplomatik.

UEA menjadi negara Arab ketiga setelah Mesir dan Yordania yang melakukan perdamaian formal dengan Israel. Negara Teluk lainnya, termasuk Bahrain dan Oman, berpotensi menandatangani perjanjian serupa dengan Israel dalam waktu dekat. (ra/sputnik)

DISKUSI: