Trump Cabut Status Istimewa Hong Kong

0
160

Washington, LiputanIslam.com—Presiden AS Donald Trump menandatangani keputusan yang akan menghukum China atas “langkah opresif” di Hong Kong. Selain itu, ia juga memerintahkan pencabutan status istimewa Hongkong.

Trump mengumumkan penandatanganan Undang-Undang Otonomi Hong Kong ini dalam konferensi pers pada hari Selasa (14/7).

UU ini akan menjatuhkan sanksi kepada individu dan organisasi China yang terlibat dalam “pemadaman kebebasan Hong Kong.”

UU ini diikuti oleh perintah eksekutif baru yang mencabut status istimewa Hong Kong di mana wilayah itu akan “diperlakukan sama dengan China daratan”, yaitu tidak ada hak istimewa, tidak ada perlakuan ekonomi khusus, dan tidak ada ekspor teknologi dengan AS.

Trump menegaskan bahwa dengan keluarnya keputusan ini, AS telah kehilangan satu pesaing dalam perdagangan global.

Baik UU baru maupun perintah eksekutif ini dibuat di tengah ketegangan yang meningkat antara Washington dan Beijing.

Sebelumnya pada bulan Mei lalu, Departemen Luar Negeri AS menyatakan bahwa Hongkong memang telah kehilangan kebebasannya dari Beijing. Mereka pun bersumpah untuk melepaskan wilayah itu dari perdagangan khusus dan hubungan diplomatik dengan AS.

China telah berulang kali mengecam campur tangan AS dalam urusan internalnya dan mengancam akan membalas Negeri Paman Sam itu. Baru-baru ini, mereka memberlakukan larangan perjalanan kepada anggota parlemen AS setelah penjatuhan sanksi baru terhadap pejabat China. (ra/rt)

DISKUSI: